Sunday 18 September 2016

Cara membuat jari tidak sakit saat memainkan gitar


Saat gitaris pemula memainkan gitar, pasti yang pertama menjadi hambatan adalah jarinya, terutama ujung jarinya, karena banyak pekerjaan yang tidak melibatkan ujung jari ini untuk menekan dan menahan sesuatu.
 

Ya palingan ujung jarinya hanya dipakai buat mengetik keyboard atau hp doang. :v

Sayangnya pekerjaan itu tidak ada efeknya sama sekali membuat ujung jari kita menjadi kebal terhadap senar gitar. Jadi disini saya akan memberikan tips agar jari menjadi kebal dan tidak sakit saat bermain gitar:





1. Berlatih
Orang yang berjalan di atas batu kerikil tanpa menggunakan alas kaki, pastinya sudah sering berjalan diatas permukaan kasar tanpa menggunakan alas kaki. Hal itu membuat kulit kaki menjadi tebal, sehingga tidak ada rasa sakit saat berjalan di atas batu kerikil.
Sama halnya dengan jari kita, pastinya harus dilatih dulu agar ada penebalan pada kulit di jari kita. Karena tidak mungkin tiba tiba tebal dengan sendirinya tanpa suatu sebab. :v

Jadi ada dua cara yang saya lakukan untuk membuat penebalan pada jari kulit, yaitu dengan cara menggesek kulit jari dengan jari (bukan benda tajam) dan menekan senar gitar pada setiap fret.


Cara pertama, gesek dan tekan ujung jari dengan menggunakan kulit ibu jari, hal ini membuat kulit menjadi terbiasa terhadap gesekan dan membuat penebalan pada jari.

Cara kedua, menekan senar gitar setiap fret dengan jari secara cepat, seperti sedang melakukan guitar solo :v


Tekan setiap fret senar dengan cepat, tidak usah ditahan terlalu lama seperti sedang melakukan bentuk chord, tekan saja dengan cepat.


Hal ini sama seperti sedang memeriksa air hangat, saat kita mencelupkan jari kita ke air, kan tidak mungkin kita tahan jari kita dalam air terlalu lama, malah melepuh ntar :v
 

Jadi kita melakukan itu secara cepat, tekan saja sembarang fret, dan saat jari terasa sakit, istirahat kan jari sambil menekan dan menggesek jari.

Saran saya tekan senar 6, 5, 4, dan 3 saja, karena senar 2, dan 1 lebih tajam. Dan jika gitar menggunakan senar nylon maka waktu yang digunakan bisa lebih banyak, karena senar tersebut tidak sesakit senar string. Kalau saya pakai nylon malah ga ada terasa sakitnya. :v


Jadi saya sarankan pakai senar string saja untuk mengeraskan jarinya, dan senar nylon untuk latihan.

 

2. Di ulang
Ulang kedua cara tersebut setiap hari, karena cara tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. :v

Hahahaha, mudah sekali kan. Jadi kuncinya adalah pantang menyerah, lakukan itu secara rutin, karena saya sendiri hanya dalam waktu seminggu sudah tahan terhadap rasa sakit senar string. Dan kamu pasti juga bisa. :D


Selamat mencoba

14 comments:

Ward said...
This comment has been removed by the author.
Ward said...

Give up. Gamau tebel2 kulitnya :(. Biarin aja dah tipis ni kulit jari tangan, jadi pas di genggam kerasa :3

Adjiriam said...

@Wey war: Permainan gitar yang dipakai ujung jarinya, bukan telapak tangannya

Ward said...

-3- kan jarinya juga digenggam :v :v :v

Adjiriam said...

@wey war: tangannya bejari, bukan jari betangan

Ward said...

Yak sip oke. -3-

Dilya said...

Suka banget sama pembahasannya, friendly:) thankyou kak!

Unknown said...

Lumayan syakit juga sihh.. tapi oke lah.. belajar terus menerus supaya terbiasa😍thanks atas pembahasan ya😊

Khusni Ridho said...

I like it

Unknown said...

Yess, akhirnya tebal juga

CA-News said...

Gan tamgan gw udh kapalan, kmrn udh ga sakit trs bbrp hari gw istirahat main pas main agak sakit lagi 😂 trs tadi kapalannya kyk agak ngelupas gitu knp ya?

Unknown said...

Kurang coli banh

Unknown said...

Makasih kak atas motivasinya, beljar trus ujung2nya juga tdk bkalang skit lgi😊😊😊

Zhiend said...

Good. Thx buat tips ny

Post a Comment